Pentingnya bahasa Inggris untuk Arsitek

Andyrahman Architect's office
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling sering digunakan dalam berbagai interaksi. Inggris menjadi bahasa resmi dunia untuk berbagai macam tujuan; sebagai bahasa ilmu pengetahuan, diplomasi, tujuan wisata, bisnis, dan masih banyak lagi.

Pentingnya bahasa Inggris di berbagai aspek kehidupan, para “businessman” berusaha keras untuk belajar bahasa Inggris untuk keperluan bisnisnya –mengembangkan bisinis mereka secara lebih luas (mancanegara). Untuk itu, bahasa Inggris mempunyai peran yang sangat significant bagi para pembisnis. Dalam arsitektur, bahasa Inggris merupakan media bagi para arsitek untuk mengembangkan bisnisnya lebih profesional dan lebih luas.

Arsitek pada dasarnya mempunyai peran yang sangat penting terhadap negara. Arsitek memberikan kontribusi solusi masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat terhadap efisiensi arsitektur yang baik menurut tata letak dan sesuai konteks masyarakat. Terlebih, arsitek bisa memberikan citra yang cukup baik terhadap negara --dikatakan baik, bagus dan maju-- ketika terlihat hasil karya bangunan yang menjadi landmark dunia. Dunia akan mengenal dan berfikir bahwa negara itu maju ditandai dengan arsitektur yang hebat di dalamnya.  

Andy Rahman, anggota IAI Jawa Timur adalah seorang arsitek yang mempunyai visi dan misi yang luas terhadap arsitektur Indonesia. Bersama timnya, Andy Rahman telah banyak berkontribusi terhadap arsitektur yang sesuai dengan kontekstual lingkungan. 

Desain bangunan yang selalu mengedepankan lingkungan yang ramah dan nyaman meski dari bahan bangunan yang didaur ulang. Konsep ini dipakai untuk memberikan kontribusi terhadap lingkungan dengan banyaknya limbah yang merusak. Sistem bangunan yang sesuai dengan wilayah tropikal dengan sistem sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik dan efisien memberikan kontribusi terhadap hemat listrik. 

Dari berbagai konsep yang dipakai, Andy Rahman bersama tim selalu berusaha membuat arsitektur bangunan yang nyaman dan tetap memberikan nuansa Indonesia. Konsep inilah yang terus dikembangkan dan harus diperluas tidak hanya di lokal tapi di internasional. Tentu, untuk memperkenalkan arsitektur ke dunia luas haruslah ada media yang digunakan untuk berinteraksi, tidak lain adalah bahasa Inggris.

 

Andy Rahman berfikir bahwa bahasa Inggris sangat penting dalam bisnis dan karirnya, sehingga dia menekankan pada dirinya dan timnya untuk selalu berusaha keras menguasai bahasa Inggris dengan baik. Hal ini tentu baik terhadap usaha yang dijalankannya. Desain arsitekturnya bisa dikenal dunia dengan interaksi yang lebih luas dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

 
 Diskusi arsitektur dalam bahasa Inggris

         Ada beberapa hal yang biasa dilakukan arsitek untuk mengembangkan karirnya ke dunia luas dengan skill berbahasa Inggris yang baik: 

  1.        Kolega sesama arsitek dunia
Seorang arsitek tentu memiliki kedekatan secara emosional terhadap sesama arsitek. Hal ini membuat para arsitek menjalin hubungan sesama profesi baik di lingkup lokal maupun international. Untuk berhubungan secara baik terhadap arsitek luar (mancanegara) tidak akan mungkin terjadi ketika arsitek tidak mempuanyai skill berbahasa asing yang baik khusunya bahasa Inggris. Dari sinilah, bahasa inggris sangat penting untuk menjalin komunikasi sesama arsitek.

Program Student Internship
Semakin profesionalnya sebuah instansi arsitektur, maka sangat memungkinkan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dengan jurusan arsitektur. student Internship bisa terjadi baik dari universitas lokal maupun luar negeri. Sehingga skill bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan dalam hal ini karena peluang untuk kerjasama dengan instansi luar bisa mungkin terjadi. Tentu ini akan membuat instansi arsitektur lebih profesional dan dikenal lebih luas karena hubungan kerjasama yang baik. 

Pameran (exhibition)
Seringkali dunia mengadakan pameran international dengan hasil karya arsitektur di berbagai negara. Ini adalah kesempatan yang baik bagi para arsitek untuk ikut serta atau hanya untuk menambah wawasan tentang perkembangan arsitektur dunia. Banyaknya pengunjung yang datang dengan tujuan tersebut, interaksi yang dipakai adalah memakai bahasa Inggris. 

Lomba (Contest)
Dalam arsitektur, kontes selalu diadakan setiap tahunnya baik di luar maupun di mancanegara. Para arsitek berlomba-lomba untuk menghasilkan hasil karya yang baik yang bisa diikutkan di ajang kontes arsitektur. Dalam kontes arsitektur dunia, bahasa Inggris adalah media yang penting yang harus dikuasai untuk berinteraksi di dalamnya.

Dengan pentingnya bahasa Inggris terhadap arsitek, kami memberikan pelayanan pelatihan bahasa Inggris yang maksimal dan efisien. Pembelajaran yang dikonsep sesuai kebutuhan dan disertai target keberhasilan yang jelas. Tentor yang profesional dan telaten akan membimbing anda untuk bisa berbahasa Inggris yang lebih profesional.

INFO
Mr. Koko (English Trainer)
Telp/WA: 081249359619
IG: mr.koko_englishtrainer